Cara hidup lebih bahagia

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Hidup lebih bahagia

Tidak mengharapkan balasan dari perbuatan kita yang membuat kita hidup lebih bahagia. Balasan dari suatu perbuatan yang kita lakukan adalah sumber penderitaan. Saat kita mengharapkan balasan berarti kita hidup di alam intelektual. Banyak orang memberikan arti otak kiri. Bagian otak yang tanya memikirkan untung rugi.

Hidup di dunia ini sebenarnya kita sudah hidup dalam penderitaan, mengapa mesti menambahkan lain penderitaan lagi? Karena lahir di dunia hanyalah membuktikan bahwa kita masih sakit. Rasa derita ini bisa diatasi bila kita senantiasa bersyukur. Mungkin  banyak 0rang atau khususnya saya belum bisa mengerti bahwa memberi pada orang lain membuat kita bisa lebih bahagia daripada mengharapkan sesuatu dari orang lain.

Rasa bahagia

Bahagia bukan karena orang lain. Bahagia bukanlah emosi sesaat. Kesenangan atau kelegaan adalah emosi; silakan baca ini tentang emosi. Bila kita hidup hanya bersandarkan energi yang selalu berubah, maka kita akan jatuh sakit. Penyebab awal dari sakit fisik adalah ketidakseimbangan emosi/mental. Dengan kata lain sakit mental berhubungan erat dengan sakit fisik. Tanpa sadar kita sering begiet emosi saat berinteraksi dengan media sosial. Rasa amarah terhadap komentar yang ‘menurut’  pandangan kita menyakitkan atau merendahkan membuat bagian tubuh kita berreaksi secara kimia. Silakan baca ini.

Bila seseorang senantiasa bisa bersyukur, maka dengan sendirinya akan bahagia. Ia tidak mengharapkan lagi balasan atau imbalan dari yang telah diperbuatnya. Saat bisa bersyukur, tubuh kita akan meproduksi hormon –beta-endhorphin– Hormon yang membuat tubuh kita sehat. Secara detail bisa disimak di sini.

Rasa bahagia itu bukan sebagaimana yang diinginkan oleh kita, karena keinginan yang tidak terpenuhi berakibat kekecewaan; inilah penderitaan. Keinginan untuk memperoleh kebahagiaan justru semakin menjauhkan kita dari rasa bahagia. Hanya dengan membuka diri terhadap segala yang kita terima, kebahagiaan tersebut bisa dialami.

Niat baik

Do good because you are good (The Gospel of Maha Maya by Anand Krishna, www.booksindonesia.com)

Modal inlay yang kita mesti aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak akan selalu bertemu dengan orang yang bisa mengucapkan termina kasih dalam keseharian. Banyak orang menganggap bahwa yang kita berikan merupakan hal yang tidak perlu disyukuri dengan ungkapan rasa terima kasih.

Tanamkan dalam diri sendiri bahwa niat yang kemudian dilanjutkan dengan perbuatan baik membuat diri kita sehat sebagai akibat terproduksinya hormon beta-endorphin. Alami rasa baraggia ketika kita bisa membuat orang lain bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + twenty =

Scroll Up