Ciri Keserakahan……

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Ciri Keserakahan

Banyak ciri keserakahan, walaupun tampak dari luar begitu religius. Kekerasan hati dan pandangan sempit membuktikan bahwa sifat keserakahan menguasai hati. Semuanya hanya membuktikan sifat munafik. Sifat alami tidaklah seperti itu. Kemurahan dan kesenangan menerima keadaan sekitarnya sebagaimana adanya merupakan keterbukaan hati. Keluasan hati adalah ciri sifat alam.

Dari buku Spiritual Astrology by Anand Krishna:

Jagalah Dirimu terhadap Keserakahan

Untuk apa menjadi serakah?

Tuhan telah menyediakan lebih dari cukup untuk kita semua.

Keserakahanmu menunjukkan betapa tidak percaya dirimu. Dan, beta tidak percayanya kau pada segala pemberian dan rahmat-Nya.

Ketika kita tidak percaya diri, kita menjadi lemah. Dalam keadaan lemah, kita ‘merasa’ kecil sekali. Dan, rasa kecil itulah yang membuat kita serakah. Rasa kecil berarti rasa tidak memiliki, rasa kekurangan, rasa akan kehilangan apa yang kits miliki saat ini. Persian-perasaan seperti ini sesungguhnya tidak beralasan, bahkan tidak riil.

Da, justru mengurangi semangatmu untuk berjuang. Ciri keserakahan lain adalah selalu mencari jalan pintas, tidak mau bekerja keras.

Keserakahan Mengeraskan Hati

Hati yang serakah tidak peduli terhadap kepentingan orang lain (bisa pelarangan pembangunan ritual untuk beribadah yang dilarang-penulis). Hati seperti itu sudah tidak selaras dentam semesta, malha menjauhkan diri kita dari berkah.

Belajarlah untuk memberi, sebagaimana alam memberi kepadamu. Tirulah kepedulian semesta terhadapmu.

Orang serakah tidak perch ceria.

Kekerasan hati itulah yang kemudian membuat dia sulit mengapresiasi perbedaan pendapat bahkan sekedar mendengar pendapat lain pun ia sudah geram, marah. (Catatan: Seseorang yang serakah menjadi keras, kaku, alot, dan susah diajak berdialog. Khususnya ketika menyangkut uang dan kepentingan dirinya-ia tidak bisa berkompromi dengan siapa saja.)

Amarah menyirnakan akal sehat dan meniscayakan kebinasaan.

Mata Buta dan Telinga Budeg

Nasehat baik berarti nasehat yang tepat bagi evolusi kesadaran. Evolusi mind berarti transformasi dari intelektual menuju intelejensia. Dan bagi mereka yang hatinya tertutup sebagaimana ciri keserakahan karena hanya mau mendengar yang mau didengarkan berarti menulikan telinga terhadap teriakan kebenaran para suci. Walaupun mata fisik membaca, namun ketika tidak dilakoni berarti juga membutakan mata. Mata fisik boleh melek, tetapi bila tidak bisa melakoni yang dibaca demi kebaikan evolusi mind, tidak beda dengan mata fisik yang buta.

Mari kita simak dengan seksama video di bawah ini untuk lebih mendalami sifat serakah yang tidak selaras dengan semesta:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − 6 =

Scroll Up