Hindu Dharma, Sanatana Dharma…

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Inspirasi | Meditasi No Comments

Hindu Dharma

Hindu Dharma bukanlah agama Hindu yang kita kenal saat ini. Peradaban Sindhu adalah peradaban warga bumi yang dikenal lebih dari 10 ribu tahun yang lalu. Secara lengkap buktinya bisa dibaca di sini. Suatu peradaban yang luhur dan akan terus berkembang. Satu museum yang diberikan nama: Museum of World Culture didirikan di Anand Ashram Ubud.

Kata Hindu merupakan distorsi dari kata Sindhu. Dala Bahasa Persia ‘S’ ¬†diucapkan sebagai ‘H’, maka ‘Sindhu’ menjadi ‘Hindu’. Dalam bahasa Yunani, ‘H’ menjadi ‘I’, sehingga ‘Hindu’ menjadi ‘Ind’… (Sindhu Samskriti/ Nilai-nilai luhur Warga Bumi by Svami Anand Krishna, www.booksindonesia.com.

Dharma berarti segala pikiran, ucapan serta perbuatan yang memastikan kesejahteraan, kebahagiaan, kebaikan semua makhluk hidup. Para resi menyatakan Dharma sebagai sesuatu yang menopang, mengukuhkan, mempersatukan (Sindhu Samskriti).

Sanatana Dharma

Kata Sanatana berarti langgeng atau abadi. Sanatana Dharma bermakna segala hal yang menlangengkan kehidupan. Inilah kemuliaan nusantara. Kata Indonesia berasal dari kata Hindia. Inilah sebabnya nusantara tempat kita berada ketika zaman Belanda disebut sebagai Hindia Belanda. Nusantantara adalah wilayah peradaban sungai Sindhu yang membentang dari Iran, Afganistan, Pakistan, India, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Tibet; negara di Asia Tenggara, terrasuk Kepulauan kita – hingga perbatasan Australia, dulu disebut Astralaya. (Sindhu Samskrti by Svami Anand Krishna).

Inilah sebabnya kita memiliki kearifan-kearifan lokal yang menopang keselarasan dengan kehidupan alam semesta atau sekitar. Salah satu yang saya suka adalah ini dan juga ini. Kita tidak butuh sesuatu dari luar untuk menjadikan diri mulia. Yang dibutuhkan membangunkan kemuliaan diri yang sejatinya ada salami diri kita. Sadari dan kembangkan dengan melakoni budaya luhur Warga Bumi. Budaya indah Nusantara.

Kejayaan Nusantara

Jadilah bagian dari kebangkitan kejayaan nusantara dengan melakoni Budaya Luhur Warga Bumi yang merupakan budaya Nusantara. Kejayaan nusantara adalah keniscayaan bila kita mau Cembali ke akar budaya luhur Nusantara. Kita sesungguhnya tidak butuh sesuatu lagi dari luar. Yang bahkan bila kita mau membuka diri sesungguhnya kebiasaan yang kita adopsi dari luar yang sekarang berkembang dengan subur akan mematikan kemuliaan diri kita.

Kejayaan nusantara tidak akan terwujud selama kita masih anggap bahwa kebiasaan dari luar nusantara bisa membuat diri kita mulia atau suci. Budaya Warga Bumi adalah Hindu Dharma, Sanatana Dharma…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 5 =

Scroll Up