Keunggulan diet vegetarian…

0 Ayur Hypnotherapy | Kesehatan | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Diet Vegetarian 

Bagi mereka yang melakukan pola diet vegetarian sesungguhnya memiliki keunggulan daripada yang konsumsi non vegetarian. Sebelum dilanjutkan sebaiknya diketahui perbedaan antara vegan dan vegetarian. Vegan adalah mereka yang makan non daging, ayam, ikan  plus susu san telor. Sedangkan diet vegetarian hanya daging, ayam serta ikan. Para vegetarian tidak berpantang telor dan susu.

Aslinya manusia bukanlah pemakan daging. Kita bisa melihat dari bentuk gigi yang tidak jauh berbeda dengan sapi atau hewan pemakan tumbuhan lainnya. Adanya taring yang membedakan bentuk dan susunan gigi kita dengan hewan pemakan tumbuhan. Fungsi taring pun hanya untuk merobek. Sangat bebeda dengan hewan pemakan daging, bentuk gigi runcing dan tajam bagaikan pisau yang tajam untuk mencacah daging.

Keuntungan

Dua keunggulan diet vegetarian. Dari segi kesehatan dan emosi.

Banyak orang belum memahami bahwa sesungguhnya kandungan protein pada tumbuhan jauh lebih besar daripada yang terdapat dalam daging. Brokoli misalnya mengandung 45% dan bayam 49%. Sedangkan daging sebesar 25,8% dan ayam 23%. Dengan demikian sesungguhnya selama ini kita telah mendapatkan informasi yang kurang tepat bahwa bila tidak makan daging seseorang kekurangan protein.

Para penkonsumsi daging pada umumnya memiliki emosi yang reaktif bukan responsif. Secara jelas bisa dibaca di sini. Dan kita bisa merasakan sendiri bahwa saat menanggapi sesuatu kita tidak pernah berpikir panjang. Gampang marah. Tidak mengherankan bila ini terjadi.

Karena pengaruh dari daging yang kita makan. Mind  hewan belum berkembang sehingga yang digunakan hanyalah pola kerja intelektual, yaitu pola pikir yang selalu berorientasi untung rugi. Bukankah anjing pun demikian? Ia setia pada majikannya yang selalu memberikan makan. Ia tidak peduli bagaimana cara mendapatkan makanan tersebut. Sapi yang disembelih dapat dipastikan tidak rela untuk dibunuh. Demikian pula hewan lainnya. Rasa ketakutan ini tersimpan dalam daging. Kemudian daging yang mengandung emosi kecemasan serta ketakutan dimaskan oleh manusia.

Kekuatan Tumbuhan

Bila kita mau jeli mengamati, tumbuhan memiliki keunggulan kekuatan yang luar biasa. Ia berjuang hidup sendiri dan bersedia mengorbankan dirinya untuk menghidupi makhluk lainnya. Manusia dan hewan tidak akan bisa hidup tanpa keberadaan tumbuhan.  Inilah kekuatannya.

Dengan kata lain, sebelum ada manusia dan hewan, tumbuhan lebih dahulu ada di atas bumi. Karena bila tidak ada tumbuhan, manusia dan hewan tidak bisa hidup.

Kesehatan dan emosi lebih terkendali. Sering juga kita tidak sadar bahwa akar dari penyakit adalah tidak terkendalinya emosi. Pikiran gelisah dan cemas membuat jantung berdebar sehingga akan berpengaruh pada terganggunya mekanisme kerja seluruh organ dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =

Scroll Up