Makna Patung……

0 Filsafat | Inspirasi | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Makna Patung

Makna Patung bagi peradaban Sindhu atau Hindu berarti memberikan penilaian tinggi bagi sifat yang berada di balik patung tersebut. Dengan melihat patung tersebut, bagi yang memahaminya tidak atau bukan menyembah, tetapi meniru atau mengingat sifat mulia bagi yang dipatungkan.

Bagi mereka yang mengerti bahwa Hindu bukanlah suatu aliran keyakinan atau kepercayaan, tetapi peradaban luhur yang berumur ribuan tahun, maka dengan mengingat serta meimplentasikan nilai-nilai luhur yang diwaruskannya bisa menjaga kesejahteraan seluruh alam. Budi Pekerti sebagai warisan luhur juga harus diimplentasikan.

Pratima

Pratima berarti nilai sakral dalam diri kita. Jadi sesungguhnya yang kita kenal sebagai patung, bagi sang pembuat yang memahami makna nilai patung tersebut dianggap sebagai ‘Pratima‘ atau ungkapan/gambaran dari nilai luhur yang diwakili oleh patung tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak video berikut ini:

Dari penjelasan di atas, kita semakin memahami bahwa hanya bangsa yang memiliki keluhuran lah bisa membuat patung dengan nilai mulia atau sakral dalam diri insan. Kita harus memahami arti kata ‘manusia‘. Yang lucu, banyak orang tidak memahami makna di balik patung.

Celakanya, mereka anggap patung sebagai berhala. Mereka tidak paham bahwa bila menganggap sebagai berhala sesungguhnya dirinya lah yang memiliki anggapan demikian. Tanpa sadar dirinya lah yang penyembah berhala. Kemudian karena rasa takut yang berlebihan juga yang mengakibatkan ia melakukan perusakan atau pemusnahan patung. Rasa takut yang timbul karena tidak memahami pesan mulia di balik patung.

Sedangkan si pembuat atau penyimpan patung melihat nilai yang tersimpan atau terkandung dari patung tersebut. Oleh karenanya, bagi yang melihat nilai sakral di balik patung tersebut emnganggapnya sebagai ‘Pratima’. Bukan patung yang terbuat dari batu. Dengan menghargai patung tersebut, kemudian meletakkannya di tempat yang layak, berarti ia memahami nilai sakral yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sadgati

Bagi manusia modern, saat ada seseorang yang meninggal akan menucapkan belasungkawa atau rasa duka cita. Namun bagi para pewaris budaya atau nilai-nilai luhur peradaban Sindhu bisa memberikan ungkapan lebih dalam: ‘Sadgati‘. Artinya? Silakan simak video di atas.

Hanya bangsa yang mewarisi keluhuran memiliki budaya. Sekali lagi, budaya adalah outcome dari kebiasaan-kebiasaan baik yang memberikan manfaat bagi sesama makhluk. Bukan golongan atau kelompok tertentu………

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + nine =

Scroll Up