Teknik Pengendalian Pikiran

0 Ayur Hypnotherapy | Kesehatan | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Teknik Pengendalian Pikiran

Semua kekacauan perbuatan berasal dari tida tedkendalinya pikiran. Termasuk gangguan kesehatan. Di bawah ini, saya kutip dari buku Bhagavad Gita by Svami Anand Krishna, www.booksindonesia.com:

Memisahkan diri dari segala perlata di luar, yang terjadi karena intersaksi indra dan badan dengan obyek-obyek kebendaan; memusatkan pandangan, perhatian di antara media alis mata; mengatur napas yang aasuk dan kleur legaat hidung…”

Krishna menjelaskan know-how, teknik untuk mengendalikan pikiran; mengatasi seluruh indra menenangkan hati; dan menemukan Jati Diri. Inilah Meditasi sebagai Laku Spiritual. Inilah Meditasi sebagai Laku Utama. Tujuannya adalah…

Hidup Meditatif   

Latin mempersiapkan kita untuk bermeditasi 24/7, setiap saat. Seperti yang telah dikatakan oleh Krishna, bukan saja saat makan, minut, duduk, berkarya, dan sebagainya – tetapi juga saat melakukan sesuatu, yang umumnya dianggap hina, tidak dikaitkan dengan spiritualitas, yaitu saat membuang air. Luar biasa! Krishna tidak ingin menyisihkan waktu sesedikit apa pun di luar kesadaran, di luar meditasi.

Saya baru saja mendengar tentang kematian seorang sahabat lama. Seorang yang berpendidikan, spiritual, banyak membaca, dan relatif masih muda. Selama belasan tahun ia menderita konstipasi, sembelit, yang tidal ditanggapinya. Padahal, sembelit early warning bahwa ada yang tidak beres dengan sistem kita.

Sistem Pembuangan Terganggu

Ini yang mengakibatkan terjadinya penimbunan dan pembusukan kotoran atau sampah di dalam diri, dalam usus. Persis seperti sampah saja, jika ampas sisa pencernaan tidak segera dibuang, maka akan mengundang nyamuk-penyakit, lalat-sembelit, dan berbagai jenis serangga lainnya, segala macam kuman yang semuanya membahayakn kesehatan manusia.

Ini yang terjadi pada teman kita..

Konstipasi yang berkelanjutan menyebabkan kanker usus besarnya, yang kemudian menjadi “alasan” kematian, karena, sesungguhnya kematian adalah keniscayaan, tak terhindarikan. Namun, Keberadaan tidak mau disalahkan, maka Dia pun menciptakan 1001 madam alaskan yang dapat mematikan!

Kembali pada ayat…

Intinya adalah, pembuangan mesti disadari, jangan sampai terganggu. Hidup berkesadaran berarti kesadaran dalam segala hal.

Teknik Meditasi

Teknik Pengendalian Pikiran yang diberikan Krishna adalah inti sekaligus landasan bagi seluruh teknik-teknik lainnya. Tahapannya pun jelas:

  1. Memisahkan Diri dari Kejadian – Kejadian di Luar;
  2. Pusatkan Perhatian di Tengah Kedua Alis-Mata
  3. Mengatur Napas.

Secara lebih jelas dan ronco tentang teknik pengendalian pikiran, silakan baca buku “Seni Memberdaya Diri” yang bisa dibeli di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =

Scroll Up