Apakah Pengetahuan Sejati?

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Pengetahuan Sejati

Pengetahuan Sejati adalah pengetahuan tentang diri sendiri. Bukan diri sebagaimana yang diberikan oleh masyarakat sekitar kita. Tetapi diri yang tidak bisa mati dan tidak bisa disakiti. Diri yang melampaui semua lapisan kesadaran. Ya, ketika kita salah mengidentifikasikan tentang diri kita, kita akan menderita. Di sinilah sumber penderitaan.

Pengetahuan ini membebaskan diri dari dosa. Dosa terjadi karena kesalahan kita sendiri. Tidak ada dosa yang membawa seseorang ke neraka sebagaimana yang disebarluaskan oleh golongan tertentu. Dosa adalah kesalahan yang bisa diperbaiki dengan mempelajari serta melakoni pengetahuan sejati.

Karma

Karma adalah akibat perbuatan. Dengan mengetahui tentang diri sendiri, kita terbebaskan dari karma. Pengetahuan ini membuat kita bertanggung jawab pada setiap perbuatan kita. Kita sadar bahwa semua kejadian yang menimpa diri kita bukan ujian dari Tuhan, tetapi sebagai akibat ulah kita sendiri. Dengan menyadari hal ini, maka kita akan terus mewaspadai pikiran, ucapan serta perbuatan kita sendiri. Dan bila suatu ketika mengalami sesuatu, kita kemudian berinterospeksi diri.

Demikian pula bahwa dengan menyadari tentang diri, kita tidak lagi mencari kesalahan pada orang lain. Dalam video di atas ada cerita yang menarik tentang seseorang yang sudah melakoni meditasi, yoga serta segala hal perbuatan baik, namun tetap mengalami hal yang mungkin dianggap suatu penderitaan.

Namun ketika seseorang mengatakan hal tersebut sebagai penderitaan bagi dirinya, ia menjawab bahwa itulah cara Tuhan memberikan kesempatan baik bagi dirinya. Inilah cara pandang. Tampaknya suatu penderitaan bagi orang lain, namun bisa menjadi sesuatu yang baik bagi yang mengalaminya.

Keraguan

Keraguan terjadi ketika kita tidak memahami pengetahuan sejati. Bila kita sadar bahwa mempelajari diri adalah yang paling utama dalam tujuan kelahiran saat ini, maka kita melakoni kehidupan selaras dengan tujuan kelahiran utama di bumi ini. Kerguan membuat diri kita mengalami penderitaan. Bagaikan seseorang yang berjalan dalam kegelapan.

Ketidaktahuan tentang diri merupakan sumber penderitaan. Bisa juga dikatakan bahwa pencerahan merupakan awal seseorang sadar akan tujuan keberadaannya di bumi.

Dengan memahami bahwa tujuan kelahiran adalah untuk melakukan transformasi dari identifikasi yang diberikan atau disematkan oleh lingkungan menuju Diri Sejati, maka berbagi tentang pengetahuan sejati menjadi Derma Utama.

Keraguan tidak akan terjadi bila kita dalam segala perbuatan, baik pikiran maupun ucapan dilandasi sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Inilah motto utama dalam kehidupan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three − two =

Scroll Up