Ceria lebih dalam dari suka……….

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Ceria

Rasa suka masih pada lapisan emosi, sedangkan rasa ceria muncul dari dalam diri. Burung berkicau dengan ceria. Inilah JOY… Keceriaan. Inilah alasan mengapa Yayasan Anand Ashram senantiasa memiliki motto: Be Joyful and Share Your Joy with Others….

Ceria adalah sifat yang selaras dengan alam. Burung serta pohon menari dengan ceria. Keceriaan muncul atau terjadi secara alami ketika kita merasakan kebebasan. Burung berkicau di alam bebas dengan penuh keceriaan sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahirannya di bumi.

Kita manusia sering berkeluh kesah. Kita lupa bersyukur dengan kelahiran kita sebagai manusia. Mengapa???

Sangat mudah jawabannya. Kita masih dikuasai oleh emosi yang bernama rasa suka. Rasa suka memiliki lawan kata: rasa Duka. Sedangkan rasa ceria tidak memiliki lawan kata. Seseorang yang ceria tentu bahagia. tetapi, seseorang yang suka belum tentu bahagia. rasa suka terjadi karena keinginan yang terpenuhi. Bila keinginannya tidak terpenuhi, maka yang terjadi adalah rasa kecewa, amarah, sakit hati, dan ujungnya duka.

Keceriaan bisa terjadi secara alami bila kita terbebaskan dari rasa suka, duka, sakit hati, kecewa, dan lain emosi. Rasa cemas, khawatir, takut adalah emosi. Semuanya beban stres akibat kita tidak atau belum menyadari keilahian dalam diri. Kita masih terbelunggu atau terikat oleh keinginan palsu. Palsu dalam arti, sesaat ada sesaat kemudian tidak ada.

Cara membangkitkan 

Rasa ceria ini sudah ada dalam diri setiap orang. Demikian pula rasa bahagia. Yang dibutuhkan adalah menyadari. Satu lagi yang dibutuhkan adalah membebaskan diri dari beban stres atau emosi. Kita mesti menyadari bahwa emosi adalah energy in motion. Energi yang timbul tenggelam. Bila kita terbenamkan oleh energi yang selalu bergerak ini, kita akan terus menderita. Solusinya?

Meditasi. Meditasi berarti kita berada di saat ini. Saya seorang terapist. dari pengalaman saya, saya semakin memahami dan meyakini bahwa latihan-latihan yang dilakukan di Pusat Pelatihan Yoga dan Meditasi Anand Krishna Center sangat berdayaguna tinggi dalam menyelesaikan segala jenis permasalahan kehidupan.

Pada dasarnya semua penyakit manusia hanya bersumber dari rasa suka. Bukan rasa duka. Karena, rasa suka yang mengawali segala masalah yang kita hadapi. Ini sudah saya bahas panjang lebar disini.

Ketika setelah selesai latihan, kemudian dilakukan rileksasi. ada rasa kelegaan yang terjadi. Saat itu, terjadi keterbukaan diri dengan alam semesta. Selama ini, sebagai akibat urusan kita dengan dunia, kita terpisahkan dari keterhubungan dengan alam semesta. Akibatnya? Kita selalu merasa menderita.

Kita lupa bersyukur bahwa kelahiran saat ini adalah suatu berkah yang luar biasa. Karena, tanpa adanya kelahiran, kita tidak mungkin mengembangkan diri sehingga intelejensia kita berkembang menuju kesempurnaan yang tidak seorangpun tahu kapan bakal terjadi. Mengapa??? Karena yang ada hanya proses. Proses sekaligus tujuan kelahiran adalah mengubah intelektual menjadi intelejensia. Jangan berharap tahu…

Para avatar, para suci serta para utusan telah menggapai rasa ceria ini. Mereka menggapai kebahagiaan sejati. Penemuan akan jati diri penyebab semuanya terwujud. Inilah yang disebut sebagai Attitude of Frienship. Para suci menyadari bahwa membangun friendship atau pertemanan dengan seseorang dapat dipastikan membangun permusuhan pula. Pertemanan memiliki lawan kata: ‘Permusuhan’.

Secara lengkap silahkan simak dan renungkan video di bawah ini:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × three =

Scroll Up