Doa merupakan rasa syukur

0 Filsafat | Kesehatan | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Rasa Syukur

Rasa syukur merupakan suatu hal yang harus kita ungkapkan. Dari buku Narada Bhakti Sutra by Anand Krishna:

Narada Bhakti Sutra

Setiap siang dan sore, para pertapa berkumpul untuk berdoa bersama. Doa mereka bukan untuk meminta sesuatu, tetapi untuk mensyukuri pemberian Tuhan. 

Inilah bedanya dengan kita. Kita szlaku berdoa karena ada many. Mau mendapatkan jodoh, kita berdoa agar diberikan. Untuk jadi kaya, kita berdoa minta. Agar data keselamatan, kita berdoa. Kita masih melakukan transaksi dagang dengan Tuhan. Kita berdoa karena ada keinginan untuk memperoleh sesuatu.

Berkah

Ya, hidup yang kita terima saat ini merupakan berkah yang amat sangat disyukuri. Sebagaimana yang dituliskan olah Anand Krishna dalam buku Soul Awareness, kurang lebih begini: ‘Di sekitar setiap orang ada tiga roh’ Padahal, adalah merupakan suatu proses alam bahwa setiap roh harus lahir kembali ke bumi untuk menyelesaikan semua akibat hasil dari sebab perbuatannya sendiri. Implikasinya adalah bahwa merupakan suatu berkah bahwa saat ini kita bisa lahir. Kesempatan yang luar biasa agar sang roh mengalami evolusi kesadaran.

Para pertapa amat sangat sadar bahwa dalam hidup ini Keberadaan telah menyediakan semua kebutuhan kita. Nah celakanya, kita tidak sadar akan hal ini sehingga kita szlaku menuntut dan menuntut. Dampaknya mudah ditebak: Ketika keinginan tidak terpenuhi, maka kita akan merasa menderita. Inilah penderitaan yang sering kita rasakan;tidak terpenuhinya keinginan.

Sikap Positip

Bukan pikiran positip, tetapi sikap positip yang harus kita kembangkan dan lakoni dalam kehidupan ini. Pikiran positip menafikan semua hal yang negatip. Adalah sangat sulit menafikan hal yang buruk terhadap kita. Ketika kita harus menafikan hal buruk atau merugikan kita, kita mengalami penderitaan.

Rasa syukur adalah cara pandang sikap positip. Segala sesuatu yang kita alami bukan tanpa sebab. Dengan menyadari hal ini, kita selalu bisa menarik hikmah dari semua kejadian yang menimpa kita. Seperti pepatah Jawa.

Ketika kita mengalami suatu kecelakaan, dan tidak meninggal dunia, seseorang akan berkata: ‘Untung tidak mati’ Walaupun meninggal dunia akibat kecelakaan, orang akan berkata: ‘Untung langsung meninggal dunia sehingga tidak mengalami penderitaan’. Ini mungkin yang disebut syukur.

Sesungguhnya ungkapan rasa sykur akan mendorong orang lain juga bersyukur. Misalnya: Suatu ketika kita memberikaz tumpangan pada seseorang, dalam hatinya ia akan bersyukur kepada Tuhan atas keberuntunganini. Rasa syukur juga membuktikan kita kaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 11 =

Scroll Up