Hidup Bertanggung jawab

0 Filsafat | Inspirasi | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Hidup Bertanggung Jawab

Hidup bertanggung jawab hanya bisa terjadi ketika kita mengenal Tuhan dalam arti yang sesungguhnya. Tuhan bukanlah sesuatu yang jauh di sana. Dia Hyang Mahahadir. Hanya dengan kehadiran Nya, kita semua eksis. Ketika Tuhan kita tempatkan nun jauh di sana, maka kita bisa berbuat semaunya.

Ini bukanlah bentuk atau penerapan hidup bertanggung jawab. Dan berita baiknya bahwa bila kita bisa hidup bertanggung jawab, maka ketentraman di bumi bisa terwujud. Bagi mereka yang bisa hidup bertanggung jawab, kebahagiaan baginya merupakan keniscayaan.

Sumber Kebahagiaan

Banyak sumber kebahagiaan, namun kebanyakan kita memberikan makna yang dangkal. Dangkal dalam arti sumber kebahagiaan hanya sebatas pada kenyamanan indrawi. Seakan ketika kita bisa memenuhi keinginan indrawi kita bisa bahagia.

Ada tiga sumber kebahagiaan, ini menurut yang benar-benar memahami maknanya. Kesehatan, Relasi atau pergaulan, dan kepuasan diri atau Inner Satisfaction.

Kesehatan

Kita sudah banyak melihat bahwa kesehatan merupakan berkah besar dalam kehidupan ini. Walaupun tidak punya uang atau harta, tetapi bila tubuh sehat, kita dapat bekerja untuk mengupayakan kebutuhan hidup. Kita lupa bahwa kesehatan merupakan kekayaan yang diberikan pada setiap insan manusia.

Dengan hidup bertanggung jawab, kita bisa hidup dengan benar. Inilah kesehatan yang membahagiakan. Apa korelasinya?

Pertanyaan menarik. Hidup bertanggung jawab berarti kita sadar bahwa semua makhluk memiliki hak sama di atas bumi ini. Kita ingin hidup damai, mereka juga. Dengan cara menghargai sesama makhluk sesungguhnya kita sedang memberikan rasa kebahagiaan juga pada mereka.

Relasi

Relasi atau hubungan dengan sesama bisa membuat kita bahagia. Bergaullah dengan mereka yang juga memiliki getaran pikiran atau frekuensi pemikiran sama. Berhaubunganlah dengan mereka yang bisa menghargai sesama makhluk. Menghargai kehidupan sebagai bagian dari pola pikirnya merupakan Dharma. Inilah inti keber-agamaan.

Bergaul atau berhubungan dengan mereka yang bisa menghargai kehidupan sesama makhluk di atas bumi berarti hidup. Dengan cara hidup ini, kita hidup bertuhan.

Kepuasan Diri

Atau Inner Satisfaction berarti kita hidup senantiasa bersyukur. Bersyukur berarti kita menghargai keadaan saat ini. Kita puas dengan segala sesuatu yang sudah kita miliki.

Rasa kepuasan diri ini membuat kita tidak merasa kekurangan. Hanya ketika merasa kekurangan bisa melakukan segala sesuatu yang merugikan orang lain. Kita hidup dalam penderitaan. Ini bukanlah hidup yang bahagia.

Ketiga hal di atas hanya bisa dirasakan bila kita memahami arti Yoga yang sejati.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × four =

Scroll Up