Jadilah Khalifah……

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Khalifah

Khalifah tidak hanya bisa dimiliki oleh orang tertentu, tetapi setiap orang bisa menjadi khalifah. Mereka yang menyadari dirinya sebagai khalifah akan memiliki jiwa malayani. Inilah kesadaran kosmik.Ia sadar seutuhnya bahwa kita semua adalah satu keluarga besar. Satu dunia yang berarti bukan hanya satu umat manusia.

Impian ini disampaikan dalam buku Kehidupan by Anand Krishna, www.booksindonesia.com:

‘Saya merindukan satu dunia, tidak hanya satu planet. kata ‘planet’ berkesan kejam, sepertinya tanpa kehidupan. Saya merindukan satu keluarga besar, tidak hanya satu umat manusia. Umat manusia kedengaran tidak bagi saya. Kata ini hanya dipakai untuk membedakan manusia dari binatang. Konsep saya tentang satu keluarga, adalah keluarga besar yang mencakupi bukan hanya manusia saja, tetapi juga burung-burung dan lebah, pohon-pohon dan tanaman, baik mawar liar dn semak belukar, maupun padang rumput yang indah.’

Kerajaan yang diperintah oleh khalifah tidak sesempit sebagaimana yang disebarluaskan oleh kelompok dengan keyakinan tertentu. Karena pemahaman sempit seperti ini membawa bencana. Kita banyak lupa kehadiran setiap orang memiliki misi yang memberikan Rahmat bagi sekalian alam. Dan pemahaman alam sebagai satu keluarga besar.

Vegetarian

Bila ingin menyelamatkan kehidupan di alam ini, demi keberlangsungan kehidupan kita semua, lakukanlah diet vegeatarian. Dengan memahami kita semua hidup sebagai satu keluarga besar yang saling bergantung satu dengan lainnya, kita sadar bahwa ketika kita masih mengutamakan kenyamanan indrawi demi kenyamanan rasa, kita sebagai penyembah berhala.

Sesungguhnya secara alami, manusia bukanlah pemakan daging, Kita manusia memiliki kewarasan untuk memilih mengutamakan pengembangan potensi manusia yang sejati. Ketika kita menyadari dan memahami potensi ini, kita eksistensi ketauhidan yang secara alami melekat dalam diri manusia. Keesaan atau kemanunggalan yang mendorong manusia mengembangkan rasa empati atau welas asih antar sesama makhluk di muka bumi. Bahkan terhadap benda yang kita anggap mati.

Kedamaian

Perdamaian di dunia hanya terus merupakan impian bila tidak ada kedamaian dalam diri setiap insan. Perdamaian di dunia menjadi impian para avatar dan para suci. Dan tampaknya selama ini belum berhasil diwujudkan. Buktinya? Sejarah mencatat sudah banyak avatar yang disembah saat telah meninggal, tetapi ketika hidup dilempari batu serta dihujat.

Bukti dalam perilaku bisa menunjukkan sifat ke-khalifahan nya. Bila dalam pikirannya hanya berisi umpatan serta hujatan, maka itu pula yang ditampilkan dalam perbuatannya. Tidak aseorang pun bisa menipu orang lain akan pikiran yang ada. Perbuatan berasal dari ucapan. Ucapan ekspresi pikiran…

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =

Scroll Up