Jadilah seorang Rishi

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Rishi

Rishi atau resi yang mungkin lebih kita kenal adalah seorang yang memiliki cara pandang visioner. Cara pandang visioner bukanlah cara pandang sempit atau dangkal. Suatu cara pandang yang luas berarti cara pandang yang memberikan manfaat bagi semua makhluk atau alam.

Seorang visioner memahami bahwa keberadaannya bukanlah bagi kelompok atau golongan tertentu, ia hadir demi kelangsungan hidup makhluk di bumi ini. Ia sangatlah kreatif. Kreatif dalam arti memiliki pemikiran yang luas; setiap yang diperbuat atau dilakukan berlandaskan untuk sesuatu kepentingan umum. Kesejahteraan makhluk hidup dan alam. Bila disebutkan untuk keberlangsungan makhluk hidup juga memiliki arti ganda kelestarian alam. Karena makhluk hidup tidak bisa tetap eksis/hidup tanpa adanya alam yang mendukung keberlangsung hidup.

 Sumber Kebahagiaan Sejati

Seorang rishi telah menggapai atau mengakses kebahagiaan sejati. Mereka sadar bahwa sumber kebahagiaan sejati bukanlah dari sesuatu yang tidak sejati atau langgeng. Berbeda dengan kita masyarakat awam yang terus berburu untuk mendapatkan kebahagiaan dari sesuatu yang tidak langgeng. Kita berburu kenyamanan indrawi dari benda atau materi yang keberadaannya juga selalu berubah, tidak abadi.

Setiapa orang memiliki potensi atau peluang untuk mengakses Sumber kebahagiaan sejati. Tidak dibutuhkan biaya besar untuk bisa mengakses kebahagiaan sejati, yang dibutuhkan hanya kesadaran bahwa sumber tidak berada jauh di alam sana. Hanya dengan memejamkan mata yang berarti merupakan tanda bahwa kita selama ini sudah tertipu oleh ilusi. Apakah salah?

Permainan dunia

Tidak salah, karena memang kita hidup di alam ilusi. Itu juga permainan agung Sang Maha Ilusi. Dialah Sumber kekuatan ilusi. Inilah permainanNya. Keputusan di tangan kita sendiri, apakah kita senang dengan segala permainanNya? Masihkah kita belum merasakan penderitaan dengan mengumbar kenyamanan indrawi?

Dia Sang Maha Sumber Kebahagiaan memberikan pilihan untuk memilih, menyatu dengan Dia Sumber Kebahagiaan atau masih senang beramen di dunia merasakan suka duka. Memang lucu, karena Dia memang Sang Pemain tunggal.

Dengan menyadari bahwa segala rasa suka dan duka bermula dari cara pandang yang sempit, maka kita juga yang mesti mengubahnya sendiri. Kita tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk mengubah cara pandang kita. Jadilah seorang rishi………

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 6 =

Scroll Up