Jadilah vegetarian, tidak ada pilihan jika ingin selamatkan bumi….

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Selamatkan Bumi

Selamatkan bumi sebagai upaya agar kita tetap lestari untuk ditinggali manusia. Telah baanvak hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa terjadinya pemborosan air bersih disebabkan oleh tingginya konsumsi hewan. Bila hewan tidak dikonsumsi oleh manusia, air bersih tidak dibutuhkan. Karena hewan hidup secara liar sehingga konsumsi air hanya bagi hewan. Sedangkan penggunaan air bersih digunakan untuk membersihkan hewan sebelum dikonsumsi. Semakin meningkat penduduk bumi semakin tinggi konsumsi hewan. Semakin tinggi pula penggunaan air bersih.

Banyak orang beralasan bahwa konsumsi daging dibutuhkan sebaga sumber protein. Namun sesungguhnya banyak pula yang belum tahu bahwa kandungan protein hewani lebih rendah daripada yang terkandung dalam tumbuhan. Silahkan lihat ini. Disamping itu, banka orang melalaikan fungsi daripada tubuh.

Lalai fungsi utamakan nyaman

Ya, banyak orang tidak memahami fungsi dari tubuh. Suatu ketika, saya bertanya pada seorang yang telah menggunakan mobil bertahun-tahun. ‘Apakah fungsi AC dalam kendaraan’ Ia menjawab: ‘Agar nyaman.’

Saya bercerita kepada dia. Dulu ada seorang teman yang pernah mengalami kecelakaan kecil; disrempet mobil. Alasannya karena teman saya tidak bisa melihat karena cuaca hujan. Sebagai akibatnya pada bagian kaca berembun sehingga tidak bisa melihat. Belajar dari Hal Ini, saya baru paham bahwa fungsi utama dari AC bukanlah untuk kenyamanan, tetapi untuk keselamatan. Bukankah kita juga lebih mengutamakan keselamatan dulu sebelum kenyamanan?

Demikian pula tubuh ini. Kita masih harus lebih banyak belajar fungsi dari tubuh ketika hadir di bumi. Inilah gunannya memahami tujuan utama kelahiran manusia.

Pada umumnya kebanyakan manusia pengabdi kenyamanan indrawi. Inilah sebabnya banyak orang tidak peduli untuk selamatkan bumi. Mereka umumnya berlomba melakukan perusakan alam demi kenyamanan indrawi, termasuk kenyamanan lidah.

Kearifan Lokal

Banyak orang yang masih saja mengorbankan hewan untuk alasan yang kurang tepat. Dulu hewan dikorbankan karena dianggap hewan satu-satunya benda yang paling bernilai milik manusia sehingga karena nilai tertinggilah hewan dikorbankan. Ini merupakan wujud kesadaran manusia dalam makna kurban. Mempersembahkan harta milik manusia yang paling berharga.

Dengan perkembangan pengetahuan, maka nilai mengorbankan hewan mulai bergeser. Seorang Krishna dalam buku Bhagavad Gita menyampaikan bahwa korban persembahan bukan atas dasar nilai, tetapi ketulusannya.

Inilah kearifan lokal suku dari peradaban luhur. Mereka memahami cara selamatkan bumi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − nine =

Scroll Up