Kuil Ilahi……

0 Filsafat | Kesehatan | Pengembangan Diri No Comments

Kuil Ilahi

Kuil Ilahi adalah kuil tempat Tuhan bersemayam. Selama ini kita sering dibuat bingung oleh orang-orang di sekitar kita yang mengatakan bahwa rumah Tuhan di suatu tempat. Padahal, bila kita mau renungkan lebih dalam lagi, sesungguhnya melakukan perjalanan ke sana hanyalah untuk wisata.

Dalam buku Dvipantara Yoga Sastra by Anand Krishna disebutkan:

Ada sebagian orang yang keliru memercayai bahwa spiritualitas tidak ada urusannya dengan kesehatan dan higienitas ataupun penampilan fisik. Ini adalah pemahaman yang keliru sama sekali, pemikiran yang salah. Jika Jiwa, Jiwa Individu atau Jivatma adalah percikan Jiwa Agung, Tuhan – maka tubuh manusia adalah Kuil tempat Tuhan bersemayam.

Perawatan

Selain tubuh, mind yang terdiri dari gugusan pikiran serta perasaan selain tubuh merupakan kendaraan bagi Jivatma, Jiwa Individu dalam melakukan perjalanan suci. Oleh karena itu, adalah suatu kewajiban untuk senantiasa merawat atau memelihara kebersihan serta kesehatan kendaraan kita. Ibarat kita merawat mobil sendiri.

Dulu saya pernah memiliki anggapan bahwa tubuh ini hanya penghalang, namun dari Guru sayalah, saya mendapatkan pemahaman yang amat berbeda. Dari beliau lah, saya sekarang lebih atau bahkan sangat menghargai tubuh. Baik dari segi kesehatan dan higinietas.

Tanpa dirawat dengan baik, dengan senantiasa menyayangi tubuh serta memperhatikan asupan, tubuh kita bisa mengalami kerusakan. Asupan bagi tubuh bukan hanya untuk menyenangkan lidah, tetapi diperhatikan sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja dengan keras.

Tubuh yang tidak digunakan untuk kebijakan seluruh manusia serta alam sekitar bisa mengalami kerusakan.

Kenyamanan Tubuh

Yang dibutuhkan oleh kita semua, tetapi kita harus memperhatikan agar tidak semata bekerja keras demi uang. Seringkali kita mengabaikan kesehatan tubuh dengan malas gerak atau mager. Tampaknya memang enak hanya bermalas-malasan, tetapi kadang kita tidak sadar barwa bila kita punya mobil atau motor yang hanya dibiarkan di garasi, pada akhirnya mengalami kerusakan.

Tubuh kita pun demikian. Kenyamanan berlebihan bisa membuat organ tubuh kita soak atau tidak berfungsi dengan normal. Gunakan tubuh untuk berkarya menyebarkan Pengetahuan Sejati. Inilah fungsi Kuil Ilahi.

Tubuh Suci

Bila kita anggap tubuh sebagai Kuil Ilahi, maka seharusnya lah kita menggunakan tubuh untuk berkarya memuliakan nama-Nya. Janganlah hanya melihat kuil atau tempat suci jauh di luar diri, namun kita melupakan kendaraan suci atau Kuil Ilahi yang sudah ada.

Pengabaian ini sering kita lakukan dengan cara tidak menggunakannya sebagaimana yang seharusnya. Kita memasukkan asupan yang bisa membuat organ tubuh bekerja keras. Tanpa sadar kita berbuat kekerasan terhadap tubuh sendiri.

Berpikir, berucap serta berbuat baik adalah cara untuk memelihara Kuil Ilahi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =

Scroll Up