Manfaat Kirtan…..

1 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Inspirasi | Pengembangan Diri 1 Comment

Hindu peradaban?

Dalam tradisi leluhur kita, manfaat Kirtan dijelaskan secara ilmiah. Hindu bukanlah nama keyakinan atau kepercayaan. Hindu adalah peradaban. Sindhu, kemudian berganti Indhu, India, dan Hindu. Ucapan bisa berubah karena logat bahasa. Asal kata Sindhu, namun karena ada yang tidak bisa menyebutkan ‘S’, maka berganti nama atau ucapan: ‘Indhu’ atau Hindu.

Dalam tradisi Hindu ada tradisi untuk menyanyikan lagu pujian yang disebut sebagai Bhajan, ini bila yang menyanyikan hanya satu orang atau Solo. Bila yang menyayikan sekelompok orang disebut sebagai Kirtan. Dan isi lirik kebanyakan nama suci Yang Maha Mulia. Dengan cara menyanyikan lagu pujian yang sebagian besar pujian namanya, maka para pesertanya merasakan sifat yang terkandung di balik nama tersebut.

Mungkin ada yang menyangkal, mengapa mesti Hindu? Boleh saja. Itu juga sah-sah saja. Namun, bila kita mau merenungkan lebih dalam, selama ini Hindu sebagai suatu peradaban memiliki usia tertua. Belum ditemukan peradaban yang lebih tua lagi.

Bila pikiran serta hati kita mau membuka, banyak kearifan yang terkandung di dalam Bhagavad serta Upanishad sangat relevan bagi kehidupan era modern. Dengan kata lain, semua pengetahuan yang ada di dalam Upanishad dan Bhagavad Gita sangat amat bermanfaat bagi kita semuanya termasuk group devotional singing, Kirtan.

Manfaat Kirtan

Adapun tujuan daripada Kirtan adalah untuk membangkitkan Bhakti atau Devosi yang sudah ada dalam diri. Bila bhakti seseorang yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, maka yang tampak atau ekspresi dalam segala pikiran, ucapan serta tindakan adalah rasa kasih terhadap alam serta manusia. Pembangkitan rasa kasih dengan cara menyanyikan lagu pujian kemuliaan nama Dia, itulah tujuan utama Kirtan.

Setiap instrument musik memberikan efek pada diri kita. Penggunaan drum atau kendang akan memengaruhi bagian dada. Sedangkan suara sitar, guitar yang berasal dari senar, memengaruhi bagian otak. Oleh karenanya, kita harus hati-hati dalam menggunkan alat instrument musik Kita bicara berdasarkan getaran serta kesesuaian alat instrument yang bisa menumbuhkembangkan rasa kasih dalam diri kita.

Inilah kehebatan leluhur kita. Mereka sudah sadar bahwa musik bukan hanya soal hiburan, tetapi efek terhadap kebaikan kehidupan kita.

Video berikut ini memberikan gambaran lebih terinci serta detai akan manfaat Kirtan atau Bhajan bagi kesehatan sejati; Baik fisik maupun non fisik:

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × three =

Scroll Up