Melayani Tuhan dengan melayani kemanusiaan dan masyarakat

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Melayani Tuhan

Sangat sulit mewujudkan dalam perbuatan nyata cara melayani Tuhan. Hanya suatu suatu ilusi atau angan kosong mengatakan pada orang lain bahwa bisa melayani atau mengabdi pada Tuhan bila perbuatannya bertentangan dengan menghargai atau melayani sesama makhluk, baik hidup maupun mati.

Melayani sesama makhluk tidak saja dengan kata-kata manis, namun bisa pula dalam bentuk yang mungkin tampaknya bertentangan. Kita harus memahami beda antara kasih dan kasihan. Bila melihat suatu tindakan yang tampaknya menyakitkan, kita harus bisa melihat apa tujuan yang sesungguhnya. Bila pada akhirnya tindakan yang tampaknya manis, namun ternyata malah membahayakan bagi yang diberikan tindakan, kita sedang menjerumuskan orang tersebut ke jurant semaine dalam.

Perwujudan Tuhan

Motto tahun ini dari Yayasan Anand Ashram adalah ‘Melayani Tuhan dengan melayani kemanusiaan dan masyarakat.’ Kita semua berada dalam Tuhan, Dialah Yang Maha Hidup. Tiada sesuatu kehidupan di luar Dia. Dengan kata lain di dalam dan diluar kita ada Dia. Bagaikan ikan di dalam kolam, air ada di dalam dan luar sang ikan. Satu kalimat yang pernah disampaikan oleh seorang suci: ‘Tuhan lebih dekat dari urat lehermu.

Tuhan ada di barat, di timur, dan di mana-mana. Hanya pendangen yang kita butakan sendiri, maka kita tidak melihat wajah Nya di sekitar kita. Ya, hanya kita yang tidak mau tahu dan melakoni tentang pesan seorang suci pengabdi setan. Setan tidak ada di luar, namun setan kemalasan untuk belajar memahami keilahian diri. Kita telah menjadi budak indra kenyamanan indrawi. Setan telah pensiun kawan!!!!

Hidup sesungguhnya

Ada cerita seorang teman yang masih aktif hadir serta terus melakoni meditasi. Bisa dilihat dalam video ini:

Ia seorang penderita kanker tiroid dan kanker lainnya. Ia berbagi cerita bahwa suatu ketika ia merasa putus asa atas penyakit yang dialaminya. Namun suatu ketika, ia diminua oleh seorang teman untuk membantu mengajar anak-anak sesuai dengan bidan keahliannya, handy craft. Kerajinan tangan. Tentu tidak berbayar karena memang salah satu program di Anand Ashram sepert itu. Inilah bentuk Seva atau Karma Yoga.

Dan yang dialaminya menjadi bukti keajaiban. Ia merasa lebih sehat dan lebih sehat sampai saat ini tulisan dibuat. Tamparna dengan melayani tanpa pamrih membuat dirinya berbahagia. Dan kebahagiaan ini menyembuhkan dirinya dari penyakit yang mematikan. So, Urip itu Urup….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 14 =

Scroll Up