Rasa Puas atau Self Satisfaction…

0 Filsafat | Inspirasi | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Rasa Puas

Rasa Puas ini amat sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya rasa puas membuat orang senantiasa bersyukur. Dala tradisi Yoga sebagaimana disebutkan dalam buku Yoga Sutra Patanjali by Maharishi Anand Krishna disebutkan dalam salah satu bagian Niyama: Santosm. Dengan adanya rasa ini, Kita Bisa berada di setiap tempat dengan tidak gampang merasa bosan. Perasaan seperti ini amat dibutuhkan dalam situasi kita harus tetap di rumah; dalam memutuskan rantai penularan Covid.

Yoga Sutra Patanjali

Perasaan ini juga membuat kita senantiasa bersyukur atas segala sesuatu yang kita terima atau alami. Mungkin dalam istilah filosofi Jawa disebut Nrimo. Berupaya sekuat tenaga dengan menerapkan berbagai strategi, hasilnya diserahkan pada Dia. Mereka yang bisa merasakan kepuasan atas segala yang telah diupayakan bisa dikatakan berorientasi pada proses; bukan hasil.

Berkah

Dengan berkembangnya perasaan seperti ini, kita tidak akan banyak tuntutan atau bahkan keinginan untuk pergi ke suatu tempat yang mungkin banyak orang dikatakan indah atau bagus. Bila kita amati, mereka yang bisa berburu rasa atau taste makanan atau berburu keindahan suatu tempat sejatinya belum menyadari bahwa mata hanyalah berfungsi sebagai jendela.

Yang sesungguhnya merasakan kepuasan atas suatu keindahan pandangan adala perasaan kita. Adapun keindahan pandangan tidak akan terjadi bila keadaan perasaan kita sedang dałam keadaan galau atau resah/sedih.

Dengan demikian, mereka yang bisa merasakan kepuasan terhadap sesuatu sesungguhnya merupakan berkah yang luar biasa. Bila kita jeli, sesungguhnya tidak banyak orang bisa memahami hal ini. Kita mulai dari hal yang amat sederhana. Bernapas.

Manfaat menyadari napas

Seringkali kita kurang mensykuri bahwa paling mudah adalah bersyukur bila kita bisa bernapas dengan mudah pada hari ini. Pernahkah kita renungkan bahwa mereka yang menderita Covid amat sangat sulit untuk melakukan pernapasan sehingga mesti dibantu dengan ventilator.

Dengan melakukan duduk diam sesaaat dengan HANYA memperhatikan ke luar dan masuknya napas selama kurang lebih 20 menit, kita tanpa berasa telah mengurangi denyut pikiran. Sepertinya latihan sangat sederhana, dan mungkin banyak yang menganggap remeh, namun dari hasil yang saya rasakan berupa kesehatan yang baik; Ini hanyalah efek samping.

Menfaat utamanya adalah cara pandang yang semakin meluas dalam menghadapi berbagai masalah. Di atas segalanya adalah peningkatan terjadinya rasa puas dalam diri sendiri…..

Resep utamanya adalah: JANGAN BOSAN…..

Serapat-rapatnya ruang yang ditutup, lapisan debu pada perabotan dalam ruang tersebut tidak bisa dihindari; tetap ada…

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − two =

Scroll Up