Terima Kasih, betapa dalam dan indah maknanya……

Entah siapa yang merangkai kata: Terima dan kasih saat kita bersyukur karena menerima sesuatu. Namun kata tersebut sungguh indah dan dalam maknanya jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terciptanya dunia damai adalah keniscayaan jika setiap insan menerapkan makna kata tersebut dalam keseharian.

Terima kasih dua kata satu makna. Terima berarti kita mendapatkan sesuatu yang bernilai baik bagi kita. Sebagai ungkapan rasa syukur kita kasih atau memberikan sesuatu terhadap orang yang sudah memberi kita. Bisa juga rasa syukur tersebut kita berikan pada orang lain. Bukankah demikian seharusnya ungkapan atas rasa syukur atas sesuatu yang kita terima. Saya juga tidak tahu dari mana asal kata ini. Namun jika direnungkan memberikan makna yang sangat dalam. Inilah kata yang diciptakan oleh suatu bangsa yang berbudaya tinggi.

Saya juga tidak tahu apakah bahasa Inggris juga memiliki makna kata yang demikian?. Dalam bahasa Inggris diucapkan:

Thank you; Jawabnya: You are Welcome yang berarti kembali. Sekedar meyampaikan apresiasi terhadap orang yang telah memberikan sesuatu. Oleh Imam Al Gazhali pernah dibahas bahwa ungkapan syukur tertinggi adalah saati kita juga bisa berbagi. Dengan berbagi sesuatu, diharapkan orang kita beri sesuatu tersebut bersyukur kepada Dia Sang Pencipta kehidupan.

Misalnya kita memberikan sesuatu pada orang lain sebagai ungkapan syukur terhadap berkah dari Tuhan, orang tersebut membalas: Alhamdulillah. Orang yang kita beri sesuatu secara tidak sadar mengucapkan syukur pada Allah. Kita mengajak orang ingat pada Allah. Hal seperti inilah yang mesti terjadi. Kita dibagi sesuatu oleh orang lain, kemudian sebagai ungkapan rasa syukur kita juga berbagi.

Dengan mengucapkan terima-kasih saja dengan tulus dan disertai rasa atau ungkapan syukur akan bermanfaat bagi perkembangan jiwa kita. Jiwa kita semakin peka dan berkembang. Kebiasaan mengucapkan terima kasih bisa membuat jiwa kita mekar atau berkembang. Jiwa yang semakin subur karena selalu respon atau berapresiasi terhadap mereka yang telah memberikan sesuatu terhadap membuat hati ceria. Dengan cara sesederhana ini saja bisa menjadikan kita ceria, apalagi jika dibarengi tindakan bisa melupakan dan memaafkan perbuatan buruk orang lain terhadap diri kita.

Janganlah lupa menyampaikan syukur dengan cara mengucapkan terima kasih pada seseorang yang telah memberikan sesuatu terhadap kita. Tetapi mudahlah melupakan serta memaafkan terhadap mereka yang telah berbuat jahat terhadap kita. Yakinlah bahwa badan memahami benar mekanisme ini…….

Dengan sering mengucapkan terima kasih terhadap segala sesuatu yang kita alami, sesungguhnya kita melepaskan keterikatan kita pada benda yang kita terima. Dengan kata lan,kita mengakui bahwa segala seauatu yang ada pada kita bukanlah milik kita…