Mengubah atau terwujudnya transformasi dari instink hewani ke Ilahi………..

Mengapa dikatakan kreatif?

Buku Meditasi dan Yoga Terbaik

  • Dapatkan Buku Meditasi Terbaik Untuk Pemula [Beli Buku]
  • Dapatkan Buku Yoga Terbaik Untuk Pemula [Beli Buku]
  • Dapatkan Buku Yoga Sutra Patanjali [Beli Buku]

Karena kreativitas adalah perbuatan yang bekaitan dengan kemuliaan jiwa. Industri adalah perbuatan manusia yang selalu dikaitkan dengan uang. Uang tentu berkaitan dengan kenyamanan tubuh. Kreatif bersifat unik yang berkaian dengan kepentingan umum. Jika untuk kepentingan umum artinya selaras dengan sifat alam, berbagi……..

Evolusi panjang manusia menuju kemuliaan dzat Maha Murni. Menuju asal sejatinya. Awalnya Tiada kembali ke Tiada. Pada bagian proses yang ada. Yang sesungguhnya hanya ilusi. Namun kebanyakan manusia terjebak pada alam proses. Tanpa alam proses, pengalaman saat menjadi makhluk pun tidak ada. Menarik!!!!!

Instink hewani pada dasarnya terdiri dari: makan, minum, seks, dan tidur. Semuanya beraitan dengan indra. Mengapa disebut sebagai instink hewani?

Karena segala hewan memiliki perilaku tersebut. Ketika mind telah mulai berkembang menuju ke sempurnaan, ketiadaan, pada otak manusia yang berfungsi sebagai hardware juga mengalami penyempurnaan juga. Hasil penelitian para pakar otak, ada bagian yang disebut batang otak atau limbik. Bagian ini yang mewarisi atau boleh dikatakan perangkat hardware yang berfungsi untuk digunakan oleh instink hewani; makan, minum, tidur, dan seks.

Bagian otak atau hardware baru adalah neo-cortex. Bagian otak ini tidak ada pada hewan. Di sinilah letak kelebihan manusia. So, jika ketika kita sebagai manusia tidak menggunakan bagian ini untuk melakukan transformasi diri, maka betapa ruginya kehidupan ini. Bagian otak ini memiliki fungsi memilah dan memilih. Sebagai bagian otak untuk melakukan proses membedakan antara tindakan yang memuliakan jiwa atau kenyamanan badan.

Aktivitas otak yang disebut limbik hanya melakukan proses yang berkaitan dengan instink hewani. Hewan tidak bisa memilah antara tundakan tepat atau tidak tepat. Tindakan mulia atau hanya menyamankan tubuh. Kenyamanan tubuh berkaitan dengan panca indra. Kesenangan yang berkaitan dengan ego sebagai kesadaran badaniah berkaitan dengan aktivitas limbik.

Intelektual berkaitan dengan instink hewani. Karena intelektual selalu berkaitan dengan tindakan yang berorientasi pada golongan, kelompok sendiri. Belum berorientasi pada kepentingan umum. Bagian ini masih mengajak manusia untuk melakukan tindakan sempit, belum universal.

Hanya saat manusia berbadan bisa melakukan Tindakan Kreatif paling mulia. Hal ini karena manusia adalah makhluk sempurna. Manusia berasal dari dua kata: Manas yang berarti mind¬†atau makhluk yang sedang bertransformasi menuju ‘Isya‘, keilahian. Saya juga tidak tahu, siapa yang menciptakan kausa kata ‘Manusia’. Namun, realitanya memang begitu. Dalam diri manusia eksis sekaligus setan yang diwakili oleh pikiran atau gugusan pikiran/intelektual yang senantiasa mengutamakan kenymanan tubuh atau ego; dan ‘Isya’ sifat kemuliaan Sang Maha, yaitu KASIH.

Mind juga materi. Itulah sebabnya saya sebut sebagai makhluk……… Jika ada yang bertanya bentuknya bagaimana? Itulah yang disebut sebagai dark matter. Materi yang tidak bisa dikenali…

Tulisan ini semata untuk mengingatkan diri sendiri. Jika pembaca memiliki pendapat lain, itu juga kebenaran. Bukan kah kebenaran memiliki banyak sisi?