Work hard and Work Smart

0 Ayur Hypnotherapy | Filsafat | Meditasi | Pengembangan Diri No Comments

Work Hard and Work Smart

Work hard and Work Smart merupakan pola kern yang hards tertanam salami diri kita. Kerja keras dan cerdas berarti tidak berorientasi pada hasil. Dalam buku Kebijakan Bhagavad Gita bagi Generasi Y by Svami Anand Krishna, www.booksindonesia.com; disebutkan sebagai berikut:

Kau berhak atas, atau hanya dapat mengendalikan karyamu, perbuatanmu, apa yang kau lakukan; kau tidak dapat mengendalikan hasil dari karyamu, atas perbuatanmu. Sebab itu, janganlah menjadikan hasil sebagai pendorong atau motivasi untuk berkarya, untuk berbuat sesuatu. Namun, jangan pula berdiam diri dan tidak berkarya.’ (2:47)

Pada umumnya kebanyakan dari kita sering melupakan proses. Hal ini terutama terjadi pada mereka yang sancta mempercayai kern dari hukum Law of Attraction. Seakan tanpa berupayu atau bekerja keras hasil akan diperoleh atau didapatkan. Kita lupa bahwa ada hukum yang dijadikan patokan atau induk dari hukum alam. Hukum aksi reaksi atau hukum sebab akibat. dan ini hanya bisa terjadi pada proses. Bukan pada hasil.

Fokus Upaya

Bila kita bisa fokus pada upaya, tidak pada hasil, maka kita memiliki energi penuh karena tidak terpecah pada hasil. Proses adalah sebab, maka hasil sebagai akibat. Saat kita bisa memusatkan energi kita pada proses, kita bisa bekerja secara cerdas. Mengapa? Karena kita menjadi teliti dan penuh percaya diri. Namun demikian, bilapun kita mengalami kegagalan, kita tidak begitu kecewa. Kita harus ingat bahwa masih ada faktor lain yang memberikan pecan pada asilo yang akan diperoleh.

Kita bisa mengendalikan pada cara kerja kita, pada upaya kita, namun hasil bukanlah urusan kita. Dalam buku di atas, diberikan concho tengan petani. Seorang petani bekerja menanam padi. Segala hal berkaitan penanaman padi dilakukan secara bagus, termasuk pemberian pupuk. Namun ia sadar bahwa ada faktor di luar kendali kita, hujan atau cuaca. Faktor alam ini disadar oleh petani sehingga ketika suatu ketika terjadi hujan, ia hanya bisa berserah diri.

Demikian juga dalam melakukan pekerjaan, bekerja atau berupaya adalah usaha manusia, hasil bukan menjadi pendorong dalam berkarya. Mempersembahkan diri pada karya bisa menjadikan  kita berkarya tanpa beban. Dan luar biasanya, bila kita bisa fokus berkarya pada proses, perasaan manjado ringan bila hasil tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Meditasi 

Berkarya dengan Penh perhatian dan berkarya secara cerdas bisa digunakan sebagai latihan meditasi. Dalam hal ini, kita ingat pada hukum emas atau hukum alam: ‘Perlakukan orang lain sebagaimana dirimu ingin diperlakukan.’ Bukan hanya pada desama makhluk hidro, tetapi pada semua isi alam.

Misalnya, memasak dengan penuh keceriaan serta seluruh perhatian terpusatkan pada proses memasak, maka hasil dari masakan pun akan memiliki cita rasa bagus. Karena perhatian kita merupakan energi keindahan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 20 =

Scroll Up