Begitu bahaya penggunaan headset yang terus menerus. Apa masalahnya, bukankah penggunaan headset ditelinga tidak apa-apa? Apalagi jika harga head phone yang mahal?

Ada cerita yang menarik tentang headset ini.

Buku Meditasi dan Yoga Terbaik

  • Dapatkan Buku Meditasi Terbaik Untuk Pemula [Beli Buku]
  • Dapatkan Buku Yoga Terbaik Untuk Pemula [Beli Buku]
  • Dapatkan Buku Yoga Sutra Patanjali [Beli Buku]

Hilangnya rambut halus pada telinga sangat berbahaya…

Ada seseorang wanita yang selalu menggunakan headset, saat naik motor. Katakanlah si wanita ini bernama Fui. Ia selalu menggunakan alat ini sepanjang perjalanan ketika naik motor. Hal ini dilakukan setiap hari, bahkan ketika ia tidur, tanpa ada alat ini ditelinganya, ia tidak bisa tertidur. Bayangkan jika hal ini terus berlangsung sepanjang tidurnya.

Sampai suatu ketika, ia menyeberangi rel kereta api. Tanpa disadarinya, perangkat ini tetap  menempel pada telinganya. Ketika itu ada kereta lewat. Banyak orang berteriak memperingatkan, tetapi seakan telinganya ditutupi setan budheg, akhirnya ia tewas tertabrak kereta api.

Setelah dibawah ke satu rumah sakit, seorang dokter melihat alat yang menempel dtelinganya, si dokter melakukan pemeriksaan singkat. Hal ini dilakukan karena keluarganya tidak mengijinkan anaknya di otopsi.

Sang dokter melakukan pengamatan singkat. Dan hasilnya sangat mengejutkan.

Ternyata pada bagian dalam telinga si Fui ini tidak lagi ditumbuhi rambut halus. Menurut keterangan dokter, rambut-rambut halus yang ada dalam telinga berfungsi untuk menangkap getaran suara dari luar. Karena sering menggunakan headset, rambut halus tidak tumbuh lagi. Mengapa???

Rambut halus berfungsi menangkap vibrasi suara dari luar atau dari jauh. Karena seringnya penggunaan alat pendengar jarak dekat, si rambut tidak memiliki daya rangsang untuk tumbuh sehingga seakan ia merasa tidak dibutuhkan untuk tumbuh dan berfungsi untuk menangkap vibrasi suara.

Jika dikaitkan dengan hewan yang bernama kelelawar sangat erat.

Mari kita simak..

Kelelawar adalah hewan yang pandangannya tidak bisa diandalkan untuk melihat. Agar ia tidak menabrak saat terbang, ia mengandalkan pendengarannya. Telinganya ditumbuhi rambut halus. Dan rambut halus ini berfungsi untuk menangkap vibrasi suara. Saat ia bersuara, ia dapat mengukur jarak benda dari dirinya.

Hal ini juga terjadi pada manusia.

Seorang teman yang pemain karate atau bela diri. Ia berkata bahwa saat tidak menggunakan helm pada pertandingan, ia bisa tahu saat lawannya akan menyerang. Namun, ketika ia menggunakan helm dalam pertandingan, kepekaan yang ia miliki tidak berfungsi. Inilah hebatnya rambut halus pada telinga. Ia mampu mampu menangkap getaran halus yang berasal dari serangan.

Inilah bahaya penggunaan headset terlalu lama. Kemampuan daya pendengaran yang sesungguhnya dilakukan oleh rambut halus dalam telinga lenyap karena si rambut merasa tidak ada rangsangan untuk tumbuh.

Menurut keterangan dokter, penggunaan headset yang aman bagi pertumbuhan rambut halus dalam telinga¬†hanya 30 menitan dalam satu hari…..